KURIKULUM
Kurikulum yang berlaku di Program Studi PGSD FKIP Universitas Langlangbuana saat ini adalah kurikulum MBKM dimana SKS yang harus ditempuh oleh Mahasiswa 151 SKS dimana proses pelaksanaan perkuliahan berdasarkan kurikulum MBKM, mahasiswa wajib menempuh perkuliahan inti yang ada di program studi PGSD selama 5 Semester, di semester 6 dan 7 (selama 3 semester) mahasiswa diberikan kebebasan untuk dapat mengikuti perkuliahn diluar matakuliah inti dengan melaksanakan program pertukaran mahasiswa, kewirausahaan, KKNM dan Penelitian sedangkan kegiatan magang dan asisten mengajar dilakukan di semester 8.
Kurikulum PS yang berlaku mulai dari TS-4 (2019/2020) sampai TS (2022/2023), terdiri atas:
1. Kurikulum Tahun 2018;
2. Kurikulum Tahun 2020; untuk mengakomodir MBKM.
Berikut ini Capaian Pembelajaran Lulusan dan Sebaran Mata Kuliah pada Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tahun 2020.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Menunjukkan sikap Tut Wuri Handayani.
- Memiliki kemampuan merefleksi dan mengevaluasi diri.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, dan kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
- Menguasai konsep pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi yang sesuai dengan lingkup tugasnya
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial maupun moral
- Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran, khususnya yang berorientasi pada life skill/kecakapan hidup.
- Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berwirausaha.
- Memiliki Pengetahuan dalam mengembangkan dan menggunakan alat dan media pembelajaran baik manual maupun berbasis IT.
- Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi di sekolah dasar
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran
- Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.
- Menguasai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan masalah pembelajaran di sekolah dasar, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karya lainnya.
- Menguasai tentang hukum kepolisian dan kriminalistik.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- Mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu menciptakan lingkungan yang dapat mendukung pertumbuhan anak dan pembelajaran
- Mampu merancang desain instruksional untuk berbagai jenis pembelajar
- Mampu merancang dan menggunakan system penilaian untuk mengevaluasi kemampuan siswa
- Mampu membangun dan mengatur lingkungan pembelajaran yang sehat dan responsive dari segi budaya dan bahasa
- Mampu memfasilitasi jalinan hubungan positif antara peserta didik dan pengajar
- Mampu memberikan motivasi kepada anak didik agar meningkatkan prestasi dan potensi
- Mampu mengimplementasikan berbagai cara penilaian untuk menentukan kebutuhan pembelajaran pemelajar dan memonitor progress pembelajaran.
- Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler dengan pendekatan pembelajaran peserta didik aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEKS dan potensi lingkungan setempat sesuai standar
- Mampu memiliki layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memfasilitasi perkembangan optimal peserta didik dan memecahkan masalah yang terkait dengan perilaku dalam pembelajaran
- Mampu bernalar, membuat kaitan, memecahkan masalah (yakni mengamati, mengenali, merumuskan dan melakukan pendekatan pemecahan masalah, serta menginterpretasikan solusi yang diperolehnya) dan berkomunikasi.
- Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya.
- Mampu mengembangkan strategi, teknik, metode, pendekatan, dan model pembelajaran dan pengelolaan kelas.
- Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses dalam bidang pendidikan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada
- Mampu mengembangkan dan menggunakan alat dan media pembelajaran baik manual maupun berbasis IT.
- Mampu menelaah kurikulum pendidikan mata pelajar di tingkat dasar serta dalam penilaian/evaluasi hasil belajar.
- Mampu dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran di sekolah dasar.
- Mampu dalam mengelola kegiatan ektrakulikuler di sekolah.
- Mampu dalam mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.
- Mampu dalam manajerial di bidang pendidikan di sekolah dasar.
- Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
- Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran.
- Memiliki keterampilan dalam berwirausaha (1) Educational enterpeneur (2) enterpeneur mindset (3) wirausaha dalam linkup mikro, kecil dan menengah
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
15400112012 |
Agama |
2 |
2 |
15400112022 |
Pancasila |
2 |
3 |
15400211012 |
Kewarganegeraan |
2 |
4 |
15400112052
|
Hukum Kepolisian dan Krimnalistik |
2 |
5 |
403132013 |
Landasan Pendidikan dan Pembelajaran |
3 |
6 |
403121013
|
Pedagogik |
3 |
7 |
403121023 |
Bimbingan Konseling di SD |
3 |
8 |
403121043 |
Kebijakan dan Inovasi Pendidikan |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
20 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
15400212032
|
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
15400212042 |
Bahasa Inggris |
2 |
3 |
403221183 |
Pendidikan Seni dan Kreativitas |
3 |
4 |
403232023 |
Perkembangan Peserta Didk |
3 |
5 |
403220183 |
Konsep Dasar Matematika |
3 |
6 |
403221103 |
Konsep Dasar IPA |
3 |
7 |
403221123 |
Konsep Dasar IPS |
3 |
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
19 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
403321053 |
Manajemen Kelas |
3 |
2 |
403321093 |
Pendidikan Matematika di SD |
3 |
3 |
403321113 |
Pendidikan IPA di SD |
3 |
4 |
403321133 |
Pendidikan IPS di SD |
3 |
5 |
403321143 |
Pendidikan Kewarganegaraan di SD |
3 |
6 |
403321153 |
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia di SD |
3 |
7 |
403321172 |
Pendidikan Jasmani |
3 |
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
21 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
403452012 |
Kewirausahaan |
2 |
2 |
403421163 |
Pendidikan Budaya dan Bahasa Sunda di SD |
3 |
3 |
403442013 |
Telaah Kurikulum SD |
3 |
4 |
403421033 |
Pendidikan Inklusi |
3 |
5 |
403432043 |
Profesi Guru |
3 |
6 |
403442023 |
Strategi Belajar dan Pembelajaran SD |
3 |
7 |
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
17 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
403532033 |
Statistika Penelitian |
3 |
2 |
403542033 |
Evaluasi Pembelajaran SD |
3 |
3 |
403542063 |
Metode Penelitian Pendidikan |
3 |
4 |
403521253 |
Pembelajaran Terpadu |
3 |
5 |
403541023 |
Perencanaan Pembelajaran |
3 |
6 |
403521243 |
Pengembangan Bahan Ajad dan Media Pembelajaran di SD |
3 |
7 |
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
18 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
15400612062 |
KKNM |
2 |
2 |
403642053 |
Pembelajaran Mikro |
3 |
3 |
403621203 |
Pengembangan Pembelajaran IPA |
3 |
4 |
403621213 |
Pengembangan Pembelajaran IPS |
3 |
5 |
403621223 |
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia |
3 |
6 |
403621193 |
Pengembangan Pembelajaran Matematika |
3 |
7 |
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
17 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
403721013 |
Kepemimpinan Pendidikan |
2 |
2 |
403721023 |
Pengembangan Ekstrakurikuler di Sekolah |
3 |
3 |
403721033 |
Penulisan Karya Ilmiah |
3 |
4 |
403721043 |
Pendidikan Karakter |
3 |
5 |
403721053 |
Pendidikan Multikultural |
3 |
6 |
403721063 |
Permainan Anak (Child Games) |
3 |
7 |
403721073 |
Aplikasi Statistika |
3 |
8 |
403721083 |
Layanan ABK Berbasis ICT |
3 |
9 |
403721093 |
Pendidikan Keterampilan (Art & Craft) |
3 |
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
26 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
403832104 |
Skripsi |
4 |
2 |
403832056 |
Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) |
6 |
3 |
403832063 |
Praktik Perencanaan Pembelajaran |
3 |
4 |
403832073 |
Praktik Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran |
3 |
5 |
403832082 |
Praktik Evaluasi Pembelajaran |
2 |
6 |
403832092 |
Praktik Strategi Belajar Mengajar |
2 |
7 |
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
20 |