PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FKIP UNIVERSITAS LANGLANGBUANA

KURIKULUM

Kurikulum yang berlaku di Program Studi PGSD FKIP Universitas Langlangbuana saat ini adalah kurikulum MBKM dimana SKS yang harus ditempuh oleh Mahasiswa 151 SKS dimana proses pelaksanaan perkuliahan berdasarkan kurikulum MBKM, mahasiswa wajib menempuh perkuliahan inti yang ada di program studi PGSD selama 5 Semester, di semester 6 dan 7 (selama 3 semester) mahasiswa diberikan kebebasan untuk dapat mengikuti perkuliahn diluar matakuliah inti dengan melaksanakan program pertukaran mahasiswa, kewirausahaan, KKNM dan Penelitian sedangkan kegiatan magang dan asisten mengajar dilakukan di semester 8.
 

Kurikulum PS yang berlaku mulai dari TS-4 (2019/2020) sampai TS (2022/2023), terdiri atas:
1.    Kurikulum Tahun 2018;
2.    Kurikulum Tahun 2020; untuk mengakomodir MBKM.

Berikut ini Capaian Pembelajaran Lulusan dan Sebaran Mata Kuliah pada Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tahun 2020.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
SEBARAN MATA KULIAH
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menunjukkan sikap Tut Wuri Handayani.
  12. Memiliki kemampuan merefleksi dan mengevaluasi diri.
  13. Mempunyai ketulusan, komitmen, dan kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
  1. Menguasai konsep pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial maupun moral
  3. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran, khususnya yang berorientasi pada life skill/kecakapan hidup.
  4. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berwirausaha.
  5. Memiliki Pengetahuan dalam mengembangkan dan menggunakan alat dan media pembelajaran baik manual maupun berbasis IT.
  6. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.
  7. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi di sekolah dasar
  8. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran
  9. Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.
  10. Menguasai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan masalah pembelajaran di sekolah dasar, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karya lainnya.
  11. Menguasai tentang hukum kepolisian dan kriminalistik.
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mengelola pembelajaran secara mandiri.
  11. Mampu menciptakan lingkungan yang dapat mendukung pertumbuhan anak dan pembelajaran
  12. Mampu merancang desain instruksional untuk berbagai jenis pembelajar
  13. Mampu merancang dan menggunakan system penilaian untuk mengevaluasi kemampuan siswa
  14. Mampu membangun dan mengatur lingkungan pembelajaran yang sehat dan responsive dari segi budaya dan bahasa
  15. Mampu memfasilitasi jalinan hubungan positif antara peserta didik dan pengajar
  16. Mampu memberikan motivasi kepada anak didik agar meningkatkan prestasi dan potensi
  17. Mampu mengimplementasikan berbagai cara penilaian untuk menentukan kebutuhan pembelajaran pemelajar dan memonitor progress pembelajaran.
  1. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler dengan pendekatan pembelajaran peserta didik aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEKS dan potensi lingkungan setempat sesuai standar
  2. Mampu memiliki layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memfasilitasi perkembangan optimal peserta didik dan memecahkan masalah yang terkait dengan perilaku dalam pembelajaran
  3. Mampu bernalar, membuat kaitan, memecahkan masalah (yakni mengamati, mengenali, merumuskan dan melakukan pendekatan pemecahan masalah, serta menginterpretasikan solusi yang diperolehnya) dan berkomunikasi.
  4. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya.
  5. Mampu mengembangkan strategi, teknik, metode, pendekatan, dan model pembelajaran dan pengelolaan kelas.
  6. Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses dalam bidang pendidikan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada
  7. Mampu mengembangkan dan menggunakan alat dan media pembelajaran baik manual maupun berbasis IT.
  8. Mampu menelaah kurikulum pendidikan mata pelajar di tingkat dasar serta dalam penilaian/evaluasi hasil belajar.
  9. Mampu dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran di sekolah dasar.
  10. Mampu dalam mengelola kegiatan ektrakulikuler di sekolah.
  11. Mampu dalam mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.
  12. Mampu dalam manajerial di bidang pendidikan di sekolah dasar.
  13. Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
  14. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran.
  15. Memiliki keterampilan dalam berwirausaha (1) Educational enterpeneur (2) enterpeneur mindset (3) wirausaha dalam linkup mikro, kecil dan menengah
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 15400112012 Agama 2
2 15400112022 Pancasila 2
3 15400211012 Kewarganegeraan 2
4
15400112052
Hukum Kepolisian dan Krimnalistik 2
5 403132013 Landasan Pendidikan dan Pembelajaran 3
6
403121013
Pedagogik 3
7 403121023 Bimbingan Konseling di SD 3
8 403121043 Kebijakan dan Inovasi Pendidikan 3
       
       
JUMLAH SKS 20
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1
15400212032
Bahasa Indonesia 2
2 15400212042 Bahasa Inggris 2
3 403221183 Pendidikan Seni dan Kreativitas 3
4 403232023 Perkembangan Peserta Didk 3
5 403220183 Konsep Dasar Matematika 3
6 403221103 Konsep Dasar IPA 3
7 403221123 Konsep Dasar IPS 3
8      
       
       
JUMLAH SKS 19
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 403321053 Manajemen Kelas 3
2 403321093 Pendidikan Matematika di SD 3
3 403321113 Pendidikan IPA di SD 3
4 403321133 Pendidikan IPS di SD 3
5 403321143 Pendidikan Kewarganegaraan di SD 3
6 403321153 Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia di SD 3
7 403321172 Pendidikan Jasmani 3
8      
       
       
JUMLAH SKS 21
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 403452012 Kewirausahaan 2
2 403421163 Pendidikan Budaya dan Bahasa Sunda di SD 3
3 403442013 Telaah Kurikulum SD 3
4 403421033 Pendidikan Inklusi 3
5 403432043 Profesi Guru 3
6 403442023 Strategi Belajar dan Pembelajaran SD 3
7      
8      
       
       
JUMLAH SKS 17
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 403532033 Statistika Penelitian 3
2 403542033 Evaluasi Pembelajaran SD 3
3 403542063 Metode Penelitian Pendidikan 3
4 403521253 Pembelajaran Terpadu 3
5 403541023 Perencanaan Pembelajaran 3
6 403521243 Pengembangan Bahan Ajad dan Media Pembelajaran di SD 3
7      
8      
       
       
JUMLAH SKS 18
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 15400612062 KKNM 2
2 403642053 Pembelajaran Mikro 3
3 403621203 Pengembangan Pembelajaran IPA 3
4 403621213 Pengembangan Pembelajaran IPS 3
5 403621223 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia 3
6 403621193 Pengembangan Pembelajaran Matematika 3
7      
8      
       
       
JUMLAH SKS 17
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 403721013 Kepemimpinan Pendidikan 2
2 403721023 Pengembangan Ekstrakurikuler di Sekolah 3
3 403721033 Penulisan Karya Ilmiah 3
4 403721043 Pendidikan Karakter 3
5 403721053 Pendidikan Multikultural 3
6 403721063 Permainan Anak (Child Games) 3
7 403721073 Aplikasi Statistika 3
8 403721083 Layanan ABK Berbasis ICT 3
9 403721093 Pendidikan Keterampilan (Art & Craft) 3
       
JUMLAH SKS 26
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 403832104 Skripsi 4
2 403832056 Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 6
3 403832063 Praktik Perencanaan Pembelajaran 3
4 403832073 Praktik Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran 3
5 403832082 Praktik Evaluasi Pembelajaran 2
6 403832092 Praktik Strategi Belajar Mengajar 2
7      
8      
       
       
JUMLAH SKS 20